Tips Berhemat Listrik di Rumah

Tagihan listrik sering membuat kita terkejut. Kadang-kadang kita merasa penggunaanya hemat namun ternyata tagihannya begitu mahal. Yang menggunakan voucher pun demikian, rasanya baru kemarin mengisi voucher pulsa listrik, tau-tau bunyi berisik sudah terdengar dari meteran. Orang tua harus memberikan contoh yang baik bagi angota keluarga di rumah dalam berhemat listrik. Harus ada tips pintar yang dilakukan orang tua dalam berhemat listrik. Berikut ini ada beberapa tips ringan yang bisa Anda lakukan untuk menghemat tagihan listrik di rumah Anda: 

1. Jaga barang-barang elektronik: Bila ada yang memerlukan perawatan rutin seperti AC lakukan secara teratur, dan bila ada yang rusak sebaiknya segera perbaiki. Karena biasanya peralatan listrik yang rusak akan memakan energi lebih banyak. 

2. Jangan Mencuci Sedikit-sedikit: Bagi yang menggunakan mesin untuk mencuci piring, trik yang dapat dilakukan adalah mencuci sekaligus banyak piring kotor. Karena dengan cara itu pemakaian listrik dapat lebih dihemat dibandingkan harus mencuci sedikit-dikit sehingga mengharus kita menyalakan mesin berkali-kali. Demikian juga mesin cuci. 

3. Jaga selalu kebersihan dari kulkas di rumah: Jangan sekali-kali membiarkan kulkas kotor karena bila ada kotoran menyumbat maka kerja kulkas akan semakin keras dan itu juga membuat pemakain listrik jadi semakin besar. 

4. Gunakan polytank: Menghidupkan mesin air berkali-kali akan membuat tagihan listrik menjadi boros. Gunakan polytank penyimpan air sesuai dengan jumlah pengguna di rumah Anda. 

5. Buat jadwal menyetrika: setrika juga menjadi salah satu biang tagihan listrik. Buat jadwal tetap menyetrika
di rumah sehingga bisa terkontrol penggunaanya.