Obat Kolesterol, Penyebab, Gejala serta Pantangannya


Kolesterol terdapat dalam hewan. Kolesterol dapat dikategorikan menjadi dua yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik atau HDL justru sangat penting peranannya dalam tubuh terutama untuk membantu penyerapan asam lemak esensial dan juga memproduksi hormon-hormon sekx. Kolesterol yang wajib dihindari ialah kolesterol jahat atau biasa disebut dengan LDL yang dapat menyebabkan penimbunan lemak pada pembuluh darah dan kemudian bisa memicu timbulnya serangan jantung. Secara alami, kolesterol telah ada di dalam tubuh. Namun jumlahnya akan meningkat seiring dengan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, salah satu cara untuk melakukan diet kolesterol adalah dengan membatasi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh, terutama yang mengandung kadar kolesterol tinggi.

Penyebab Kolesterol
Ada banyak faktor penyebab peningkatan kolesterol yang tinggi di dalam tubuh. Beberapa sebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Faktor usia, semakin tinggi usia maka akumulasi penumpukan dari kolesterol dalam tubuh akibat kebiasaan pola makan di usia muda akan semakin meningkat.
  2. Faktor genetika atau keturunan juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kolesterol tinggi dalam tubuh yang sulit dikontrol.
  3. Kebiasaan memakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Ketahuilah daftar makanan dan kandungan kolesterolnya untuk membantu Anda melakukan diet kolesterol.
  4. Jarang berolah raga atau melakukan aktivitas fisik sehingga kolesterol menumpuk di dalam tubuh.
  5. Kebiasaan pola makan yang buruk seperti makan berlebihan.
  6. Kebiasaan merokok juga mampu meningkatkan jumlah kolesterol tubuh.
  7. Kebiasaan meminum alkohol, dan sebagainya.

Gejala Kolesterol Tinggi
Secara umum tidak ada tanda atau gejala yang khas pada para penderita kolesterol tinggi. Juga tidak menjadi jaminan mereka yang memiliki ukuran berat badan kurus akan terbebas dari kolesterol tersebut. Namun pada mereka yang mewarisi turunan kelebihan lemah dalam darah mungkin akan memperlihatkan tanda adanya tonjolan kuning berisi lemak di kulit (xanthoma); penebalan lapisan tipis lemak di kulit kelopak mata (xanthelasma); memiliki cincin kelabu di sekitar hitam mata (corneal arcus) sejak usia muda.

Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi
Pantangan yang umum bagi para penderita kolesterol tinggi diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Jangan mengkonsumsi makanan dengan tingkat kolesterol yang tinggi seperti telur puyuh, aneka jeroan hewan, santan, krim, mentega, coklat, cumi-cumi dan sebagainya.
  2. Jangan malas berolah raga
  3. Jangan merokok
  4. Jangan mengkonsumsi alkohol
  5. Jangan malas beraktivitas atau bekerja
  6. Jangan memakan makanan yang tidak sehat dan berbahan aditif yang tinggi, dan sebagainya.

Obat Bagi Penderita Kolesterol Tinggi
Sebagai rujukan bacaan Obat Medis Mengobati Kolesterol.
Bila Anda termasuk sebagai penderita kolesterol yang tinggi, berikut ini beberapa cara yang bisa menjadi obat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi:
  1. Mengkonsumsi herbal anti kolesterol, ada banyak jenis merek obat herbal anti kolesterol yang ada di pasaran.
  2. Menghindari konsumsi makanan berkolesterol tinggi atau diet kolesterol
  3. Banyak berolahraga
  4. Banyak menjalankan puasa sunnah untuk mengontrol kebiasaan dan pola makan
  5. Banyak minum air putih
  6. Meninggalkan kebiasaan merokok, minum alkohol dan memakan makanan yang tidak sehat.
  7. Banyak melakukan aktivitas fisik setelah makan untuk membakar lemak dalam tubuh.