Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Kecenderungan alergi bersifat menurun (genetik). Bila salah satu atau kedua orang tua memiliki alergi tertentu, maka kemungkinan anaknya juga memiliki alergi yang sama. Sampai saat ini belum ada obat atau vaksin yang efektif untuk menghilangkan alergi, yang bisa kita lakukan adalah mencegah dan meringankan gejalanya. Berikut Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi agar anak Anda sehat dan terlindung dari alergi:

Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi
  • Hentikan makanan dan obat-obatan yang menimbulkan alergi. Alergi makanan bisa dipicu oleh ASI maupun makanan di luar ASI. Jaga bayi Anda bila bepergian ke tempat yang berbeda cuaca dan saat terjadi pergantian musim.
  • Lapisi tempat tidur bayi dengan perlak non-kain yang bersih yang tidak dapat menjadi sumber ngengat. Bersihkan sprei, bed cover dan sarung bantal dengan teratur. Sesekali, jemur tempat tidur dan bantal agar jasad renik yang ada di dalamnya terbunuh oleh sinar matahari. Simpan boneka dari kain dan bulu binatang di tempat yang terlindung dari debu dan cuci kering (laundry) bila sudah berdebu.
  • Bersihkan lantai dengan pel yang mengandung antibakteri. Jauhkan bayi saat membersihkan ruangan dengan penyedot debu. Penyedot debu membuat debu beterbangan. Bila perlu, untuk sementara gulung karpet Anda sampai bayi tumbuh besar dan berkurang sensitivitasnya terhadap debu.
  • Pilih penyejuk ruangan dan penyedot debu yang memiliki perangkap partikel mikroskopik berpenyaring “HEPA” (High Efficiency Particulate Arresting filter).
  • Bersihkan jendela dan ventilasi secara teratur agar tidak menjadi sumber pemerangkap debu.
  • Jangan memberikan obat anti alergi kepada bayi Anda tanpa pengawasan dokter. Banyak obat anti alergi yang memiliki efek samping berbahaya dan tidak dianjurkan bagi balita di bawah enam bulan.

Sekian tips Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi. Semoga bermanfaat..