Awas, Situs OLX Kemasukan Penipu

Berhati-hatilah membeli produk di dunia maya. Pastikan bahwa si penjual adalah benar dan produknya juga nyata ada. Jangan terkecoh harga murah. Jangan teburu-buru mengirim sejumlah uang, apapun alasannya. Seorang mahasiswi, Annisa Tira Apriliana (21), tertipu oleh pria tak dikenal yang menjual laptop merek Sony Vaio di situs OLX atau Tokobagus.com. 

Warga asal Jalan Sri Rejeki Dalam 1, Kelurahan Kalibanteng Kidul, Semarang Barat ini, menyerahkan uangnya Rp 4,5 juta kepada penjual laptop yang pada nama akunnya tertulis Sigit Hermawan.

 "Saya memang sudah lama hendak membeli laptop. Setelah browsing di Toko Bagus, saya menemukan spesifikasi laptop yang saya butuhkan. Saat itu, harganya ditawarkan di atas Rp 6,5 juta," kata Annisa kepada polisi saat melapor di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang, Selasa (5/8/2014). 

Annisa pun kemudian menghubungi lewat handphone penjual laptop tersebut. Setelah terjadi tawar menawar, Annisa dan penjual itu menyepakati harga laptop senilai Rp 6,5 juta. "Tetapi pelaku meminta syaratnya saya harus membayar uang muka sebelum laptopnya dikirim," ujarnya. Annisa tanpa curiga memenuhi permintaan pelaku. Uang muka sebesar Rp 4,5 juta ditransfer ke rekening BCA atas nama pelaku.

 "Setelah saya transfer uang mukanya, pelaku bilang laptop sudah terkirim dan maksimal akan saya terima pada Senin (04/08/2014) lalu. Tapi sampai hari ini laptop belum sampai juga," keluhnya. Annisa lantas berusaha menghubungi penjual tersebut, namun handphone-nya sudah tidak lagi aktif. Kasus ini kemudian dilaporkan secara resmi kepada pihak kepolisian.