Desain Rumah Minimalis Modern

Desain Rumah Minimalis Modern

Desain Rumah Minimalis Modern menjadi trend sejak lama sampai 2012 ini bahkan akan terus berkembang ke 2013 dan tahun-tahun berikutnya. Gaya yang simpel sederhana menjadi suatu hal yang menjadi inti ketertarikan orang atas desain ini. Garis yang tegas menjadi suatu penunjang bagi keindahan bentuk rumah minimalis.

Defenisi rumah itu sendiri merupakan bangunan yang dijadikan tempat tinggal baik manusia maupun hewan (lebih umum disebut sebagai sangkar, kandang, sarang) yang ditempati selama jangka waktu tertentu baik karena usia bangunan maupun karena alasan lainnya.

Secara khusus, defenisi rumah lebih dianggap atau mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan (civil society) yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, tempat bertumbuh, tempat beraktivitas, tempat belajar, makan, tidur, dan lain-lain.

Pengertian rumah yang lebih sederhana adalah sebuah bangunan yang mempunyai atau dibatasi dinding dan atap serta memiliki jalan masuk yang disebut pintu, yang dapat dilengkapi dengan jendela. Lantainya bisa dibuat dari berbagai media seperti tanah, ubin, keramik, papan, dan lain-lain.

Sesuai keadaan jaman, perkembangan bentuk atau desain rumah kemudian menjadi suatu bidang ilmu khusus yang disebut arsitektur. Dalam pengertian luas Arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan dari cakupan lingkungan makro (perancangan kota, lansekap) sampai ke lingkungan mikro (rumah, ruangan, perabot, produk).

Para arsitek merancang desain rumah sesuai permintaan ataupun membuat desain atas keinginan sendiri kemudian dipasarkan. Berbagai gaya atau aliran diterapkan oleh para arsitek. Mulai dari gaya klasik, tradisional, modern, post-modern bahkan menjadi gaya-gaya tertentu yang lebih khusus misalnya gaya arsitektur Islam, Katedral, mediteranean, gaya arsitektur Bali atau daerah lainnya.

Desain Rumah Minimalis


Gaya Rumah Minimalis Modern bersirikan hanya menampilkan elemen desain bangunan/rumah seperlunya saja, sambungan bidang yang sempurna tegas, ruang terbuka dan jendela yang besar, penataan cahaya (terkait juga dengan arsitektur lingkungan hijau), atap datar atau nyaris datar, penampilan struktur bangunan yang elegan/sederhana/lugas/tegas, penggabungan beberapa ruangan/space untuk efisiensi hidup.

Faktor Desain Rumah Minimalis


  1. Tata ruang bangunan/rumah yang efisien dan efektif, fungsional, fleksibilitas, dengan sirkulasi manusia, barang dan udara yang cepat dan tepat, space/ruangan multifungsi (mengingat lahan umumnya tidak besar).
  2. Unsur-unsur (elemen) bangunan yang tegas, lugas, tegak lurus, penggunaan bidang dan bahan yang tepat.
  3. Bangunan simple sederhana yang proporsional, komposisi, warna yang tidak monoton.
  4. Kurangi ornamentasi sebagai anutan gaya rumah klasik.
  5. Penggunaan bahan tahan lama dan kuat mengingat bangunan umumnya menggunakan "dak" atap datar yang terbuka sehingga kurangnya perlindungan terhadap elemen struktur bangunan.
  6. Adanya konsep arsitektur lingkungan hijau (tropis) sehubungan dengan usaha pengurangan dampak pemanasan global.
  7. Pemilihan bentukan interior dan furniture yang digunakan sesuai.
  8. Dukungan bentukan lansekap (taman/halaman/lingkungan) secara keseluruhan.
  9. Perhatikan budget/anggaran.

Contoh Desain Rumah Minimalis



Sumber Gambar :
Desain Rumah Minimalis Modern
http://tamizo.pl/EN/projects/architecture/108/q-house_grudziadz.html