IGD Puskesmas di Pekanbaru Kini Buka 24 Jam

Rencananya, Pemko Pekanbaru mulai 27/1 akan mengaktifkan layanan 24 jam pada Instalasi Gawat Darurat (IGD) di seluruh Puskesmas. Hal ini dilakukan guna mengatasi berbagai masalah seperti kasus emergency dan penanganan cepat pasca-kecelakaan. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi didampingi Sekko Pekanbaru Syukri Harto, Kepala Dinas Kesehatan drg Hj Helda Suryani Munir MKes, Kaban Satpol PP Zulfahmi Adrian saat mengunjungi Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo di Jalan Garuda, Kelurahan Delima kecamatan Tampan, Jumat (23/1). 

‘’Saat ini kami sedang melakukan berbagai persiapan dalam rangka launching IGD Puskesmas 24 jam. Saya minta Sekko dan kepala SKPD terkait dan juga Kadis Kesehatan agar disiapkan dengan sebaik-baiknya,’’ ujar Ayat cahyadi. Pada kegiatan ini juga, turut ditingkatkan status Puskesmas Sidomulyo menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang menjadi percontohan pelayanan Puskesmas di tingkat Provinsi Riau. 

‘’Ini diharapkan bisa berjalan dengan baik. Dan bisa meningkatkan pelayanan. Untuk IGD Puskesmas 24 jam sudah bisa melayani emergency dan kasus-kasus kecelakaan yang diperlukan tindakan cepat dalam penanganan,’’ jelasnya. 

Namun demikian, meskipun untuk IGD buka selama 24 jam, Puskesmasnya sendiri tetap akan buka pada jam kerja, hal ini seperti disampaikan oleh Kadis Kesehatan Kota Pekanbaru drg Hj Helda Suryani Munir MKes, ‘’Tetap seperti biasa, jadi hanya IGD-nya yang 24 jam. Karena Puskesmas itu fungsinya lebih kepada pencegahan dan hanya 30 persen untuk penanganan,’’ pungkasnya.