Trend Batu Cincin Indragiri Hulu yang Ramai Diburu Orang

Para penggemar batu cincin mungkin sudah taka sing lagi dengan batu cincin asal Kabupaten Indragiri Hulu, Riau yang kini sedang banyak diburu para peminat batu cincin di pasaran. Batu cincin khas Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, saat ini laku keras di pasaran, karena motif batu yang diminati oleh masyarakat tersedia di sejumlah konter batu. 

"Ratusan motif batu yang di pajangkan di sejumlah tempat menarik perhatian konsumen, hingga sejumlah pemerhati batu akik di daerah berupaya untuk mengadakan kontes tingkat kabupaten di Riau," kata salah satu penggemar batu cincin, Yudi Ansari,34, di Rengat, Jumat (16/1/2015). 

Seperti diketahui, dalam beberapa bulan terakhir peminat batu cincin semakin tinggi mulai dari warga biasa hingga kalangan pejabat tinggi di daerah. Batu cincin khas Indragiri beragam bentuk dan coraknya, semua sangat menarik dan jumlahnya terbatas, batu yang dinilai berkualitas sangat langka hingga dijual dengan harga yang sangat tinggi bisa dijadikan asesories dan oleh-oleh. 

"Batu berwarna hitam pekat yang dikenal dengan nama batu hitam laksamana bisa dijual dengan harga puluhan juta rupiah, batu jangat yang berwarna merah, kuning bisa dinilai dengan harga jutaan rupiah," sebutnya. 

Ada banyak jenis batu cincin asal Indragiri Hulu, diantaranya adalah batu laksamana merah muda, batu tegar harimau, batu giok Indragiri, ini semua berkualitas dan bernilai tinggi yang sudah ditawarkan sejumlah penggemar batu. Inhu dikenal sebagai salah satu kawasan di Riau yang memiliki asset kekayaan batu cincin dengan kualitas tinggi, hanya saja promosinya yang masih kurang. Padahal jika ini dikembangkan akan sangat berdampak pada kemajuan ekonomi masyarakat setempat.