Apel Amerika Ditarik dari Pasar Pekanbaru

Para pecinta buah apel Amerika di Pekanbaru harus menahan selera sementara waktu untuk tidak mengkonsumsi buah yang sudah divonis terkontaminasi bakteri tersebut. Pemilik Pasar Buah Pekanbaru sudah didatangi Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB-POM) Pekanbaru, terkait adanya perintah cekal dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) terhadap dua jenis apel asal Amerika yang disebut-sebut terkontaminasi bakteri. Pengelola pasar buah ini pun sudah berkomit¬men untuk menariknya dari penjualan. 

‘’Dua jenis apel asal Amerika sudah saya tarik dari penjualan sehari sebelumnya, begitu informasi kontaminasi ini merebak di media. Kami sudah simpan, karena dipajang pun orang tidak akan mau beli. Pagi tadi (kemarin, red) BB-POM datang dan kami patuhi, sesuai instruksi, buah ini kami simpan ada informasi lebih lanjut dari BB-POM,’’ sebut Lukman Samidi, Manajer Operasional Pasar Buah Pekanbaru, Selasa (27/1). 

Lukman menyebutkan, penjualan buah apel di tokonya cukup tinggi. Dua apel jenis Granny Smith dan Gala memang cukup digemari, namun yang penjualan yang paling mengkilap bukanlah apel asal Amerika, melainkan apel Fuji yang diimpor dari sejumlah negara seperti Cina dan Australia. Lukman ketika ditemui di kantornya tidak menyangkal akan ada penurunan penjualan buah apel karena informa¬si ini, namun tidak akan menggerus penjualan apel jenis lainnya seperti apel fuji.