Khasiat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Apa sebenarnya khasiat kulit manggis untuk kesehatan? Ya, saat ini banyak sekali beredar aneka jenis obat herbal yang dibuat dari ekstrak kulit manggis. Ada yang dicampur dengan bahan herbal lainnya dan ada juga yang hanya tulen dari kulit manggis. Kulit manggis warnanya ungu, memiliki banyak sekali manfaat. Di bidang kuliner, kulit manggis banyak digunakan sebagai bahan pewarna makanan alami yang warnanya cukup cantik, yakni ungu. Bisa juga digunakan untuk kecantikan tubuh. Di bidang kesehatan, kulit buah manggis memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat mencegah tumbuhnya sel kulit kanker yang berbahaya dan mematikan. 

Mengapa kulit manggis bisa menjadi obat kanker? Anti oksidan yang ada di kulit buah manggis sangat tinggi, sehingga memiliki banyak sekali manfaat. Antioksidan berfungsi untuk mengikat radikal bebas yang bisa merusak sel dan menimbulkan terjadinya sel kanker. Jadi, radikal jahat akan diikat dan dinetralkan oleh anti oksidan yang ada dalam kulit buah manggis. Saat ini banyak sekali obat-obatan dengan kandungan kulit buah manggis asli. Obat tersebut biasanya bisa digunakan bukan hanya untuk pengobatan namun juga pencegahan. 

Meskipun kulit buah manggis memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi, namun perlakuan saat memisahkan bagian dari kulit manggis tersebut juga tidak bisa sembarangan, harus dilakukan oleh ahlinya. Karena ada banyak bagian yang tidak berguna dari kulit buah manggis tersebut. Buat yang takut terkena kanker, tak ada salahnya mengkonsumsi obat dengan kandungan kulit buah manggis asli.