3 Cara Alami Membuat Suara Lebih Merdu

Siapa yang tak senang jika punya suara merdu, terlebih lagi bagi kaum wanita atau mereka yang punya pekerjaan dengan mengandalkan suara. Para penyanyi, MC, penyiar berita dan sebagainya sangat membutuhkan kualitas suara yang bagus. Lalu bagaimana caranya? Membuat suara bagus sebaiknya Anda pilih dengan menggunakan cara-cara alami agar tidak menimbulkan berbagai efek samping yang tidak baik. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan suara yang bagus dan nyaring: 

1. Mengkonsumsi kencur secara langsung. Kencur dikupas lalu dimakan setiap hari. Kencur adalah gurah alami yang bisa membersihkan dahak pada tenggorokan. Dengan sendirinya suara Anda menjadi merdu jika rajin mengkonsumsi kencur tersebut. 

2. Meminum air putih yang sudah diembunkan. Letakkan air putih pada daerah yang terpapar embun dan aman dari binatang dan kotoran. Diamkan semalam lalu lihat keesokan harinya. Air sudah bercampur embun dan siap untuk diminum. 

3. Olahraga lari secara teratur, ini fungsinya untuk membuat nafas dan suara Anda bisa lebih panjang saat berbicara. Olahraga sangat menjadi kebutuhan jika Anda ingin mendapatkan suara yang bagus. 

Disamping melakukan ketiga hal tersebut, cara alami agar suara bagus bisa Anda dapatkan jika Anda tidak sering mengkonsumsi makanan pedas, gorengan dan berlemak, segala bentuk es dan sebagainya. Agar suara nyaring jangan suka mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. Biasanya makanan tersebut akan memunculkan dahak dan mengurangi kebersihan suara seseorang. Yuk rawat kualitas suara kita agar orang senang dan nyaman mendengarkannya.