Anjuran Bagi Penderita Asam Urat


Anjuran bagi penderita asam urat adalah segala sesuatu cara yang harus dilakukan oleh seorang penderita penyakit asam urat terkait dengan kebiasaan, aktivitas maupun pola makan. Umumnya orang terkena suatu penyakit karena kesalahan pola makan maupun jenis apa makanan yang dikonsumsi secara berlebihan. Apa saja anjuran bagi penderita asam urat tersebut? Berikut ini diantaranya:
  1. Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang.
  2. Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan stroberi.
  3. Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.
  4. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi.
  5. Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup.
  6. Jangan minum aspirin.
  7. Jangan bekerja terlalu keras/kelelahan.
  8. Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup.
  9. Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan.
  10. Menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam urat, seperti jeroan (hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak), hindari makanan laut (udang, kerang, cumi, kepiting); makanan kaleng (kornet, sarden dan ekstrak daging), telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  11. Menghindari makanan seperti emping, melinjo, kangkung dan bayam, daun singkong, daun jambu mete, asparagus, buncis dan kembang kol. Hindari kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, tempe, tauco, tauge, oncom) dan susu kedelai.
  12. Menghindari makan buah durian, alpukat, nanas, air kelapa.
  13. Hindari minuman dan makanan beralkohol.
  14. Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya sedikit, maka untuk keamanan, orang biasanya dianjurkan menurunkan berat badan.
  15. Banyak minum air putih, karena dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.