Timnas U-19 Bakal Uji Coba dengan Tim Samba Brazil


Pihak PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN) kian serius menyiapkan Timnas Indonesia U-19 menuju ke Piala Asia U-19 di Myanmar, Oktober mendatang. Serangkaian ujicoba pun sudah dicanangkan termasuk menghadapi Timnas Brazil U-20.

Rencana ujicoba Garuda Jaya (julukan Timnas U-19) dengan Brazil U-20 sebagi salah satu bentuk persiapan Timnas U-19 yang serius tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI Joko Driyono, saat ditemui di Kantor PSSI Senayan Jakarta, Kamis (16/1). Pada kesempatan tersebut Joko menjelaskann, ujicoba melawan Brazil merupakan salah satu dari tiga pertandingan yang akan dilakoni timnas U-19 di Eropa. Tapi Joki tidak menjelaskan siapa dua lawan timnas U-19 selanjutnya.

"Ada tiga uji coba di Eropa. Salah satunya melawan Tim U-20 Brasil, bukan U-23. Tapi itu masih planning," ujar Joko.

Sebagaimana diketahui, selain di Eropa, timnas U-19 juga akan melakukan tur nusantara dan tur Timur Tengah. Garuda Jaya juga akan mengikuti mini turnamen. Dari serangkaian ujicoba itu, PSSI sedang merancang agar pelaksanaannya tidak berbarengan dengan jadwal Indonesia Super League (ISL).

Rencananya pertandingan ujicoba timnas U-19tersebut akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi lokal, yakni SCTV. Sampai saat ini, PSSI masih menjadwalkan tanggalnya agar tidak berbenturan dengan kompetisi ISL yang juga disiarkan langsung oleh Viva Grup dan MNC Grup. "Siaran langsung ISL dan Timnas U-19 tidak boleh berbenturan. Kami ingin sesuaikan jadwalnya, hari atau jam kick off," jelas pria yang akrab disapa Jokdri tersebut.
PSSI telah menyusun jadwal uji coba bagi Timnas U-19 Indonesia, sebelum tim asuhan Indra Sjafri itu berlaga di putaran final Piala Asia di Myanmar, Oktober 2014 mendatang. Dilansir dari situs AFF, menjelang tampil di turnamen sepak bola untuk pemain di bawah usia 19 tahun, Evan Dimas dan kawan-kawan dijadwalkan bertanding sebanyak 27 kali. Salah satu uji coba yang akan dijalani adalah laga melawan Timnas U-23 Brasil.
Skuat Timnas U-19 Indonesia saat ini sudah berada di Yogyakarta. Keberadaan Garuda Jaya di sana dimaksudkan untuk menjalani pemusatan latihan tahap kedua. Tercatat 29 pemain mengikuti latihan di bawah arahan pelatih Indra Sjafri.