Pantai Siung, Cocok Untuk Para Traveler


Pantai Siung adalah objek wisata yang berada di Gunungkidul, tepatnya di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan tepus, Jogjakarta. Tempat ini cocok sekali untuk para traveler karena memiliki lokasi wisata yang menarik yakni pantjat tebing dengan 250 jalur yang memiliki standar internasional. Di sepanjang perjalanan menuju pantai, anda akan melihat pemandangan yang menakjubkan yakni kapur yang ditumbuhi oleh pohon jati. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih sehingga akan memanjakan mata para pengunjung. Selain itu, para pengunjung juga akan ditemani dengan suara deburan ombak yang akan membuat diri merasa rileks.

Fasilitas yang ditawarkan masih terbilang minim karena lokasi pantainya yang sangat terpencil. Selain itu, tidak adanya penginapan di tempat ini membuat anda tidak bisa bermalam di sini. Akan tetapi, jika memang anda ingin menginap, anda bisa menggunakan alternative lain yakni pondok pemanjat yang bentuknya hampir sama dengan rumah panggung dengan kapasitas 20 orang. Jika ingin lebih dekat dengan alam, anda bisa membawa peralatan camping dan berkemah sambil menyalakan api unggun di tepi pantai. Salah satu pesona yang sangat menonjol dari pantai ini adalah keberadaan batu karangnya. Karang-karang tersebut memiliki ukuran besar dan terletak di sebelah barat dan timur pantai. Pantai Siung Gunungkidul memiliki 250 jalur panjat tebing mulai dari yang mudah sampai jalur yang sangat menantang.

Keberadaan karang-karang tersebut jelas saja memberikan keindahan. Namun, perlu diketahui kalau keberadan karang tersebut tidak hanya memberikan keindahan tapi juga menjadi pembatas dengan pantai lainnya. Karang tersebut juga menjadi dasar dari penamaan pantai. Batu karang yang menjadi dasar penamaan pantai terletak agak menjorok. Sebagian besar penduduk berprofesi sebagai petani garam. Mereka mengandalkan air laut dan kekayaan garam yang dimilikinya sebagai sumber penghasilan. Pantai Siung ini bisa dikatakan masih menjadi salah satu pantai terbersih dan terasri yang ada di Gunungkidul karena masih belum terjamah banyak orang. Jadi, jika anda tidak ingin berlibur ke tempat yang sudah biasa, maka anda bisa menjadikan Pantai Siung sebagai destinasi berlibur anda.

Gambar dari :
ciphaphidaty.blogspot.com