Lifeband Touch LG, Bisa Cek Kalori dan Jantung

Perusahaan asal Korea, LG, hari ini Selasa (7/01) memperkenalkan gelang digital kebugaran terbaru, Lifeband Touch,  yang bisa mengecek kalori dan jantung. Produk ini diperkenalkan dalam pameran produk elektronik terbesar di dunia, CES 2014 yang berlangsung di Las Vegas, 7 hingga 10 Januari 2014.

Lifeband Touch dibekali dengan earphone dengan nama Heart Rate Monitor, yang berfitur teknologi sensor PerformTek, bisa mengukur sinyal aliran darah, detak jantung, dan konsumsi oksigen maksimal (VO2 max).  Selain berfungsi sebagai speaker mini, earphone ini juga berfungsi melacak detak jantung dan aliran darah pengguna dengan mengukur sinyal dari telinga bagian dalam.

Aksesoris berbentuk gelang ini diciptakan untuk dapat menjadi pesaing bagi aksesoris serupa seperti Fitbit dan Nike Fuel Band. Lifeband Touch hadir dengan kemampuan tahan airnya dan juga dapat melacak konsumsi kalori, langkah berjalan kaki dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kebugaran.

LG dalam rilisnya mengatakan bahwa Lifeband Touch ini didukung dengan teknologi layar sentuh OLED. Gelang ini mampu mengirimkan data, dan mudah digunakan dengan aplikasi LG Fitnes atau sejumlah aplikasi kesehatan pihak ketiga seperti MyFitnessPal, RunKeeper, atau MapMyFitnes. Uniknya lagi, Lifeband Touch dapat dihubungkan ke perangkat berbasis Android dan iOS untuk melihat waktu, telepon masuk, dan pengontrol musik. Tentu saja juga berfungsi sebagai arloji.

“Keduanya tidak hanya dirancang untuk latihan kebugaran di kantor atau di sekitar rumah. Lebih dari itu, Anda bahkan bisa menerima panggilan telepon dan teks pemberitahuan yang dikirim dari smartphone Anda. Sementara itu,  Heart Rate Earphone dengan senang memutar musik sepanjang hari bahkan ketika Anda tidak berolahraga,” kata wakil presiden eksekutif Divisi Bisnis Baru LG, Jim Clayton.

Namun, agar alat ini bekerja dengan optimal, diperlukan kehadiran Bluetooth 4.0 dan juga aplikasi kebugaran dari LG pada perangkat Android yang ada.

Lifeband Touch rencananya akan dipasarkan pertama di Amerika serikat pada pertengahan 2014, dan baru akan menyusul  kepasar-pasar lain di dunia. Namun pihak LG belum memberikan keterangan resmi terkait harga perangkat tersebut. ***