Kawah Ijen


Keindahan Kawah Ijen
Indonesia memiliki banyak pesona keindahan alam, salah satunya adalah Kawah Ijen. Di sini, anda akan menyaksikan pesona alam yang luar biasa. Lokasi proses letusan gunung Kawah Ije dipenuhi dengan air sehingga membentuk danau kawah yang begitu indah. Kawah Ijen berlokasi di puncak Gunung Ijen yang adalah rentetan gunung berapi di Jawa Timur seperti Merapi, Bromo, dan Semeru. Gunung ijen terletak di kawasan Wisata Kawah Ije serta Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang tepatnya di Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang Kabupaten Bondowoso.

Kawah Ijen adalah salah satu kawah terasam terbesar di dunia. Kawah ijen memiliki derajat keasaman kawah yang sangat tinggi yang angkanya mendekati nol sehingga mampu melarutkan pakaian bahkan tubuh manusia dengan cepat. Kawah Ijen memiliki warna biru dan hijau keemasan jika terkena sinar matahari.

Kawah Ijen adalah danau yang berwarna hijau tosca dan berada pada ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Kawahnya sendiri memiliki dinding kaldera setinggi 300-500m dengan luas sekitar 5.466 hektar. Kawah Ijen memiliki luas sekitar 960 meter x 600 meter

Pada saat pagi hari, pemandangan di Kawah Ijen sangat menakjubkan. Air kawah yang memiliki volume 200 juta meter kubik dengan suhu panas yang mencapai angka 200 derajat celcius dapat memancarkan kemilau hijau keemasan ketika sinar matahari menyengat dari balik Gunung Merapi yang akan memberikan pemandangan yang menakjubkan. Kawah Ijen juga mejadi tempat penambangan belerang terbesar yang terdapat di Jawa Timur.

Di bagian tenggara danau, kita dapat melihat lapangan solfatara yang adalaah dinding danau Kawah Ijen. Di sisi barat, anda bisa melihat Dam Kawah Ijen yang merupakan hulu dari Kali Banyupait. Lapangan solfatara Gunung Kawah Ijen selalu melepaskan gas vulkanik dengan konsentrasi sulfur yang tinggi serta bau gasnya yang kadang-kadang menyengat menyeruak ke hidung. Akan tetapi, banyak sekali para penambang belerang yang sudah terbiasa turun tanpa memakai masker yang bisa dianggap sebagai tindakan yang berbahaya.