Bono Waves : Bono Surf Themes


Bono Waves : Lagu Ombak Bono Sungai Kampar
Kita mungkin sering melihat ombak bergulung tinggi di lautan. Tapi, kita mungkin hanya memiliki satu fenomena munculnya ombak di sungai di Indonesia. Ya, Indonesia memiliki ombak bono yang merupakan suatu ombak dari pertemuan dari dua arus lautan dan sungai.Ombak ini hanya ada satu di Indonesia. Dan, keistimewaan ombak bono di Indonesia adalah ia memiliki tinggi gelombang tertinggi dan terbesar kedua di dunia. Wow, ini tentu sangat menakjubkan. Kita bisa merasa bangga terhadap kekayaan alam yang dimiliki negara ini.

Adanya keunikan dan keindahan ombak bono di Riau ternyata juga menginspirasi seorang musisi Riau untuk menciptakan suatu karya music dengan aliran reggae. Theja Fathasena, seorang musisi dan memiliki cengkok khas Melayu tersebut melahirkan sebuah karya yang sangat indah. Lagu Theja ‘Bono Surf Themes Song’ bisa menjadi suatu inspirasi untuk mencintai alam Indonesia.Lirik lagu dari tema berselancar di ombak bono sebenarnya sangat sederhana tetapi bisa langsung kena di hati.

Lirik Lagu Ombak Bono Sungai Kampar
BONO WAVE - Theja Fathasena & Jamalaya


Somewhere in Indonesia
My beauty island, it's my homeland
A dream like wave has been found
It maybe unrivaled

At Tanjung Sebayang,
Teluk Meranti,
Pelalawan, Riau
We can see it...
Listen the high whistling sound
Followed by the sound of thundering water

Here it is...
Bono...bono...bono...
Its soul is very cute be fun
You will see...
Bono...bono...bono...bono...
A dream like wave has been found

Dalam lagu tersebut, Theja melukiskan tentang kebanggaan dan kecintaanya terhadap tanah air dengan segala kekayaan alam yang dimiliki.Salah satunya sebuah gelombang unik dan ajaib yang ada di Riau.Ombak tersebut merupakan salah satu ombat yang tak mungkin dapat tandingan di dunia ini. Di Tanjung Sebayang, Teluk Meranti, kabupaten Pelalawan, Riau munculnya sebuah fenomena alam yaitu ombak bono. Ketika terjadi pertemuan dua arus yang berbeda yaitu arus laut dan arus sungai ketika bulan purnama, kita bisa mendengar suatu dentuman hebat bahkan seperti siulan yang diiringi dengan suara gemuruh dari air dan hembusan angin kencang.Masyarakat lokal memiliki cerita dan kepercayaan tersendiri tentang terjadinya ombak bono di Riau.

Ombak ini memberikan tantangan tersendiri bagi para peselancar nasional maupun internasional.Bila kamu ingin melihat fenomena dan keajaiban alam tersebut, kamu hendaknya mengetahui jadwal terjadinya ombak bono di Teluk Meranti.Melalui lagu ‘Bono Waves’ karya Theja Fathasena, kita bisa menyerukan kepada dunia bahwa Indonesia juga memiliki suatu kekayaan yang mungkin tak ditemukan di tempat lain.Ya, lagu ini sangat enak didengar dan menginspirasi para pendengarnya untuk lebih mencintai alam ini.

Video Lagu Bono Waves : Lagu Ombak Bono Sungai Kampar