Samsung Luncurkan TV Raksasa "Ultra HD" 105 Inci

Perusahaan elektronik kini gemar merilis televisi dalam bentuk yang beraneka varian. Sebelumnya televisi muncul dalam bentuk datar, kini vendor elektronik raksasa mulai mengembangkan televise dengan bentuk melengkung. Baru-baru ini Samsung memperkenalkan  perangkat televisi "Ultra HD" dalam pameran Pre Consumer Electronic Show (CES) 2014, Las Vegas, AS, Senin (6/1/2014) waktu setempat.

"Ultra HD" menjadi televise besutan Samsung dengan layar lengkung terbesar di dunia. Didukung dengan resolusi yang sangat tinggi, yaitu  5120 x 2160 dengan aspect ratio 21:9. Tentu saja dengan  ukurannya yang ekstra besar tersebut, lengkungan layarnya semakin jelas terlihat.

Televisi berukuran 105 inci menerapkan lengkungan optimal "4200R" sehingga memberikan kualitas tampilan terbaik ketika ditonton dari jarak 3 hingga 4 meter. Tentunya dengan dilakukan peluncuran televisi jumbo ini menjadi bukti produsen elektronik global tersebut untuk fokus mengembangkan TV HD Ultra. Mereka menyadari bahwa manufaktur TV besar yang menggunakan teknologi layar OLED dianggap masih terlalu mahal.

TV ini dipersenjatai dengan sebuah fitur bernama Auto Depth Enhancer. Dengan teknologi ini, Samsung mengklaim bahwa pengguna tidak perlu menggunakan kacamata khusus untuk menikmati konten 3D.

Lalu apa alasan Samsung menciptakan televise layar melengkung ini? Menurut Samsung, tipe display ini meningkatkan derajat viewing angle dan tingkat kontras ketika dilihat dari posisi yang berbeda-beda. Dengan layar melengkung, sudut pandang televisi akan lebih luas, sehingga orang masih bisa menonton dengan nyaman meski berada posisinya miring terhadap televisi.  Sehingga dipandang dari sudut manapun, klaim Samsung lagi, tampilan di TV ini akan tetap terlihat bagus.

Rencananya, produk ini akan diluncurkan pada semester pertama tahun 2014, atau sekitar bulan April mendatang. Sementara di Indonesia baru akan hadir pada pertengahan tahun mendatang.

Namun demikian, pihak Samsung belum memberikan nominal  harga yang akan dibanderol untuk produk ini. Sekadar catatan, dalam ajang konferensi pers peluncuran TV ini pun, Samsung belum membocorkan berapa harga produk tersebut di pasar global.

Selain berukuran 105 inci, Samsung juga menyiapkan keluarga televisi UHD dengan layar melengkung yang berukuran lebih kecil, yaitu U9000 Series Curved TV. Tiga produk yang termasuk dalam seri ini memiliki bentang layar 78, 65, dan 55 inci.