Kartunis Muda Sikari, Dhany Pramata Raih Juara Favorit Kontes Kartun Nasional

Driau.com  - Kartunis muda Riau, Dhany Pramata berhasil meraih juara favorit Kontes kartun Opini 3 yang diselenggarakan oleh YDSF. sebanyak 7 nominator masuk dalam penjurian akhir.

Kartun opini karya Yan Baptista Teguh berjudul “Jangan Rakus, Indonesia Milik Bersama”, memenangi Kontes Kartun Opini 3 “Terus Berbagi Asah Peduli”. Aspek visual dan pesan yang disampaikan kartunis asal Bekasi, Jawa Barat ini, dinilai memenuhi prasyarat kartun juara di mata tim juri yang terdiri dari Kong Stone, Toni Malakian, dan Hendro D. Laksono. 

“Kartun ini mampu bercerita dengan warna-warni yang menawan. Menggugah kesadaran audience yang melihat,” kata Kong Stone, pegiat digital artwork dari Jakarta. Lebih jauh ia menambahkan, karya Yan Bapista ini disajikan dalam teknis visual yang prima dan terjaga.

Selain karya ini, juri juga memilih karya-karya lain sebagai jawara kontes. Masing-masing “Pemberantasan Kemiskinan?” karya Dedy Ranggameda (Surabaya, Jawa Timur) sebagai juara 2, dan “Republik Retorika” karya Ikhsan Dwiono (Semarang, Jawa Tengah) sebagai juara 3.

“Masing-masing karya yang disodorkan kartunis menyajikan teknis yang luar biasa. Dengan cara yang berbeda, mereka mengemas pesan mendalam tentang kondisi riil di Indonesia. Saya pikir kontes ini jadi terasa luar biasa karena munculnya wacana-wacana segar ini,” tukas Kong lagi.

Sejak info kontes ini dibuka pada awal Juli 2013 lalu, tak kurang dari 116 karya kartun masuk di meja panitia. Baik lewat grup Kartun Indonesia di Facebook, maupun via web www.kartunesia.com. Lalu tim juri melakukan seleksi awal berdasar prasyarat kontes, sampai akhirnya diperoleh 92 karya kartun. Dan karya-karya inilah yang kemudian dinilai oleh tim juri, untuk menentukan karya-karya terbaik di Kontes Kartun Opini 3 yang didukung Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) ini.

Isa Anshori, Ketua Panitia Pelaksana Kontes Kartun Opini 3 mengatakan, kontes kali ini terasa berbeda jika dibanding kontes-kontes sebelumnya. Selain dari sisi jumlah yang berkembang signifikan, latar belakang peserta juga makin beragam. “Kami sempat melakukan pendataan, ada peserta yang ternyata sudah aktif bekerja sebagai kartunis atau kontributor kartun di media massa di Indonesia,” paparnya. 

“Peserta ada yang datang dari Jakarta, Jawa Barat, Semarang, Klaten, Medan, Riau, bahkan dari Aceh,” kata Isa lagi.


Setelah pelaksanaan kontes, karya-karya ini kemudian di siapkan sebagai materi pameran yang rencananya akan digelar pada 1 s/d 4 Agustus 2013, di Royal Plaza Surabaya. “Ini sekaligus menandai aktifitas offline Komunitas Kartunis Indonesia (Kartunesia)”, tandas Isa.

DAFTAR PEMENANG KONTES KARTUN OPINI 3
Komunitas Kartunis Indonesia (Kartunesia) dan YDSF 2013
JUARA 1
“Jangan Rakus, Indonesia Milik Bersama”
Karya : Yan Baptista Teguh
Bekasi, Jawa Barat
JUARA 2
“Pemberantasan Kemiskinan?”
Karya : Dedy Ranggameda
Surabaya, Jawa Timur




JUARA 3
“Republik Retorika”
Karya : Ikhsan Dwiono
Semarang, Jawa Tengah



JUARA HARAPAN 1
“Warna Indonesia”
Karya : Sukriyadi – SukArtOen
Semarang, Jawa Tengah




JUARA HARAPAN 2
“Wajah Hukum Kita”
Karya : Agus Widodo
Kendal, Jawa Tengah



JUARA HARAPAN 3
“Kurang Gizi”
Karya : Atmaja Septa Miyosa
Sleman, Yogyakarta



JUARA FAVORIT
“Pura-pura Miskin”
Karya : Dhany Pramata
Pekanbaru, Riau



sumberL: kartunesia .com