Jurusan Agama UIN Suska Riau, Kurang Diminati Calon Mahasiswa Baru

Pekanbaru, -- Penerimaan di Universiats Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, tercatat bahwasannya jurusan Keagamaan UIN Suska, kurang diminati oleh calon mahasiswa baru. 

Terungkap berdasarkan data hasil rekapitulasi sementara per program studi calon mahasiswa baru lulus dan mendaftar ulang UIN Suska Riau 2013, Hingga Kamis (25/7) kemarin, pukul 15.00 WIB.

Jurusan yang kurang diminati tersebut diantaranya, Jurusan Ahwal Al-syahsiyyah dengan kuota 187 bangku, hanya diisi oleh 60 calon mahasiswa. 

Jurusan Aqidah Filsafat dengan kuota 62 bangku, saat ini hanya diisi oleh 7 calon mahasiswa. Jurusan Jinayah Siyasah hanya diisi 19 calon mahasiswa dari 62 kuota yang tersedia.

Jurusan keagamaan lainnya juga bernasip sama, Jurusan Manajemen Dakwah masih menyisakan 75 bangku dari 125 kuota. 

Jurusan Pengembangan masyarakat hanya berisi 18 bangku dan menyisakan 107. Perbandingan agama hanya berisi dua bangku dari total 62 kuota yang tersedia. 

Perbandingan Mazhab yang mempunyai kuota hanya 51 bangku baru terisi 12 bangku. Tafsir Hadist hanya 44 calon mahasiswa yang mendaftar ulang dari 156 kuota yang disediakan.

Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) UIN, Dra Kafrina, menuturkan, kurangnya peminat jurusan agama tersebut akan dialihkan pada jalur penerimaan internasional. Jum'at (26/7/2013)


‘’Selain itu, kita akan tawarkan kepada peserta Ujian Masuk Jalur Mandiri (UMJM) yang tidak lulus. Jika berminat akan kita berikan kesempatan kepada mereka,’’ tuturnya. ***