Tes Gelombang Kedua Penerimaan UIR, Diikuti 4.331 Orang.

Driau.com  -- Gelombang kedua tes masuk Universitas Islam Riau di ikuti oleh sebanyak 4.331 calon mahasiswa baru. Tes masuk yang akan dilaksanakan sampai tanggal 23 Juli tersebut akan menguji kemampuan calon mahasiswa. senin pagi (22/7)

Kepala Hubungan Masyarakat UIR, Hasbullah Zaini SH,  menyatakan tes yang dilakukan adalah Tes Potensi Akademik peserta. Baik untuk kelompok Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) maupun IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Nantinya ujian tersebut dilakukan secara tertulis.

Menurut Hasbullah, jumlah mahasiswa yang akan diterima UIRtahun ajaran kali ini sekitar 6000 orang. Sebanyak 2.596 orang diantaranya telah diterima dalam tes masuk UIR gelombang pertama beberapa waktu lalu. Diharapkan, setelah menjalani ujian gelombang kedua ini, kuota mahasiswa baru tersebut sudah tercapai.

Ada tujuh fakultas yang menerima mahasiswa baru kelompok IPS. Yaitu, Fakultas Hukum (Ilmu Hukum), Fakultas Agama Islam (Ekonomi Islam dan Pendidikan Agama Islam), Fakultas Ekonomi ( Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntasi S1 dan Akuntansi D3) serta Fisipol (Administrasi Negara, Adiminstrasi Bisnis, Ilmu Pemerintahan, Kesekretariatan D3 dan Kriminologi).

Selanjutnya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (bahasa Indonesia, bahasa Inggris,  Penjaskesrek, Sendratasik, Ekonomi Akuntansi), Fakultas Ilmu Psikologi (Psikologi), Fakultas Ilmu Komunikasi (Ilmu Komunikasi).

Lalu untuk Kelompok IPA, yaitu, Fakultas Teknik (Teknik Sipil, Teknik Perminyakan, Teknik Mesin, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Perangkat Lunak, Teknik Geologi), Fakultas Pertanian (Agroteknologi, Agribisnis, Budidaya Perikanan) dan FKIP (Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi).

Jika nantinya masih ada fakultas yang kekurangan mahasiswa, masih dimungkinkan UIR membuka penerimaan gelombang ketiga. Tapi hal itu hanya dibuka untuk fakultas yang jumlah mahasiswanya belum mencapai target kuota. "Sementara fakultas yang kuota mahasiswanya sudah tercapai tidak akan diikutkan pada gelombang ketiga,” ujarnya.


Setelah tes, peserta yang lulus menjadi mahasiswa baru akan menjalani kegiatan pembinaan pada tanggal 19-20 Agustus mendatang. Menurut Hasbullah, pembinaan mahasiswa baru ini harus diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. (*)