GLYCEMIC INDEX, Kandungan Ideal Makanan Sehat

Tips Driau.com - Glikemik Indeks (GI) merupakan tingkatan pangan dalam skala 0 – 100 yang menunjukkan seberapa cepat suatu bahan pangan meningkatkan kadar gula darah. Makanan yang memiliki nilai GI tinggi akan menaikkan kadar gula darah dengan cepat, sebaliknya makanan dengan nilai GI rendah akan menaikkan kadar gula darah secara perlahan.

Pengenalan karbohidrat berdasarkan nilai GI-nya sangat penting sebagai acuan dalam menentukan jumlah dan jenis makanan sumber karbohidrat yang tepat untuk menjaga kesehatan dan berat badan. Semakin cepat karbohidrat diserap tubuh maka nilai GI-nya akan semakin tinggi, penyerapan yang cepat serta-merta akan menimbulkan rasa lapar yang cepat, sehingga kita cenderung untuk mengonsumsi pangan secara berlebihan.

Karbohidrat yang dicerna secara perlahan, akan melepaskan glukosa secara bertahap ke dalam aliran darah, sehingga dikatakan memiliki Glikemik Indeks yang rendah.

Makanan Low GI dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah, memperbaiki resistensi Insulin pada penderita Diabetes dan memberikan rasa kenyang lebih lama membantu menjaga berat badan. **