Akamai Release Penetrasi Internet Global 10 Porsen Setiap Tahunnya

Driau.com - Akamai baru saja menerbitkan laporan State of the Internet Report terbarunya. Dalam laporan tersebut, terungkap bahwa kini ada lebih dari 733 juta alamat IPv4 individual dari 243 negara/wilayah yang sudah terhubung ke Akamai Intelligent Platform.

Jumlah ini menunjukkan peningkatan sebesar 3,1 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya sekaligus memperlihatkan pertumbuhan sebesar 10 persen dari tahun ke tahun.

Akamai memperkirakan ada lebih dari 1 miliar jumlah pengguna web individual yang terhubung ke platform-nya. Perkiraan tersebut timbul mengingat dalam beberapa kasus satu alamat IP dapat mewakili banyak individu, seperti misalnya jika seorang pengguna mengakses internet melalui firewall atau proxy server,

Di antara 10 negara teratas yang telah terhubung ke Akamai Intelligent Platform di kuartal pertama, pertumbuhan per kuartalnya berkisar dari 0,7 persen di Jerman hingga 5,3 persen di China. Dari semua negara/wilayah yang dipantau di seluruh dunia, hampir 75 persen di antaranya mengalami peningkatan dalam jumlah alamat IP individual.

Dari tahun ke tahun, jumlah alamat IP individual yang terhubung ke Akamai bertambah 10 persen, yang setara dengan 73 juta lebih pengguna selama kuartal pertama. Di antara 10 negara teratas tersebut, pertumbuhan yang per tahunnya berkisar antara 1 persen terjadi di Amerika Serikat sampai pertumbuhan sebanyak dua-digit di Inggris Raya (11 persen), Rusia (15 persen), Italia (20 persen), China (20 persen), dan Brazil (38 persen). Dalam skala global, hampir 75 persen negara/wilayah tersebut mengalami pertumbuhan jumlah alamat IP terbesar per tahunnya.