Pembalap Rio Haryanto, Masuk Posisi Race ke 11 Seri Hungaria


BUDAPEST - Rio Haryanto, pembalap muda Indonesia, hanya menempati posisi ke-11 pada race pertama atau "feature race" seri ketujuh lomba balap mobil GP2Series di Budapest, Hungaria, Sabtu waktu setempat.
   
Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Minggu, mengatakan, putranya itu star pada posisi kedelapan tetapi sempat mundur ke-18 karena pada saat memulai balapan sepertinya ada yang tidak bisa digerakkan, meskipun mesin dan setelan kendaraannya tidak ada masalah.
   
Meski begitu, pebalap berusia 20 tahun tersebut akhirnya berhasil menyelesaikan race pertama terdiri 36 putaran menempuh jarak 162,097 kilometer berada pada posisi ke-11 dengan catatan waktu 58 menit 06,428 detik.
   
Sementara itu rekan satu tim Rio Haryanto di Addax Barwa, pebalap asal Amerika Serikat Jake Rosenzweig gagal menyelesaikan lomba dan hanya menyelesaikan 32 putaran dengan catatan waktu 51 menit 42,297 detik.
   
Dengan hasil ini Rio Haryanto tidak berhasil menambah raihan angka dan tetap mengumpulkan 20 poin dari enam seri sebelumnya sertta kembali berada pada posisi ke-18 klasemen sementara lomba balap mobil GP2Series.
   
Sementara itu juara pada seri ketujuh di Hongaria ini direbut pebalap tim Carlin Jolyon Palmer dengan catatan waktu 57 menit 14,477 detik sedangkan posisi kedua ditempati M Ericsson dari tim DAMS dengan catatan waktu 57 menit 29,884 detik. Sedangkan posisi ketiga direbut pebalap tim Carlin lainnya Felipe Nasr dengan catatan waktu 57 menit 30,271 detik.
   
Dengan hasil ini Jolyon Palmer mendapat tambahan 25 poin sehingga total nilai yang dikumpulkan sekarang adalah 64 dan menempati peringkat ketujuh klasemen sementara. Kemudian M Ericsson mendapat tambahan 20 poin sehingga total yang dikumpulkan 56 dan menempati peringkat kesembilan. Sedangkan F Nasr mendapat tambahan 15 poin sehingga total yang dikumpulkan 123 dan menempati peringkat kedua klasemen sementara.
   
Sampai berakhirnya race kedua seri ketujuh di Hongaria ini, peringkat pertama direbut pebalap S Colleti dari tim Carlin Inggris dengan nilai 135, kedua ditempati rekannya Felipe Nasr meraih 123 poin, ketiga Fabio Leimer dari tim Racing Engineering dengan total 100 poin.
   
Sementara itu secara tim, peringkat pertama ditempati Carlin dengan total 187 poin, disusul Rapax dengan 151 poin, dan ketiga adalah Russian Time menghimpun 142 poin.
   
Race kedua atau "sprint race" seri ketujuh di Hongaria, Minggu waktu setempat akan menempuh 28 putaran dengan jarak 122,668 kilometer. Sirkuit di Hongaria ini memiliki panjang lintasan 4.381 kilometer. ***(Kompas)