UMP Provinsi Nusa Tenggara Timur 2014


UMP Provinsi Nusa Tenggara Timur 2014 - Sebagian penduduk pulau Jawa memilih untuk merantau ke luar Jawa karena mereka percaya bahwa gaji yang didapatkan luar pulau lebih besar daripada di pulau Jawa itu sendiri. Benarkah demikian? Kita ambil salah satu contohnya adalah di provinsi Nusa Tenggara Timur. Upah minimum provinsi Nusa Tenggara pada tahun 2012 UMP Nusa Tenggara Timur adalah 925.000 rupiah. Angka tersebut kemudian meningkat di tahun 2013 menjadi 1.010.000 rupiah. Untuk tahun 2014 sudah ada UMP yang ditetapkan dan berlaku mulai tanggal 1 Januari 2014. UMP Nusa Tenggara Timur di tahun 2014 adalah 1.400.000 rupiah. Penetatapan UMP tersebut sudah melalui proses atau pembahasan secara tripartit dengan melibatkan pemerintah, pengusaha, dan pekerja.

Jika anda berencana untuk bekerja di Nusa Tenggara Timur, pastikan anda bisa mendapat upah atau gaji yang layak. Seseorang akan digaji sesuai UMP, tidak di atas UMP, jika ia belum menikah atau masih lajang dan belum memiliki pengalaman kerja di atas satu tahun. Bagi anda yang sudah memiliki keluarga atau sudah memiliki pengalaman kerja yang cukup lama, anda bisa bernegosiasi untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari UMP. Jika perusahaan atau pabrik tempat anda bekerja memberikan gaji di bawah UMP, anda memiliki hak untuk menempuh jalur hukum. Di Provinsi Nusa Tenggara Timur, masih banyak pengusaha yang membayar atau mengupah karyawannya dengan angka di bawah UMP. Dalam hal ini, pemerintah memiliki peran yangs sangat besar untuk selalu memastikan bahwa pengusaha memberikan upah yang tepat bagi para pekerja atau karyawannya.

Upah minimum provinsi biasanya juga disesuaikan dengan biaya hidup minimal yang dibutuhkan seseorang untuk tinggal di sebuah provinsi dengan memenuhi semua kebutuhan dasarnya. Di Indonesia, sejak tanggal 1 November 2013 lalu, sudah ada 16 provinsi yang menetapkan dan melaporkan besarnya upah minimum untuk wilayahnya. Diantara ke 16 provinsi tersebut, Provinsi DKI Jakarta menetapkan upah minimum provinsi paling tinggi. Hal tersebut tak mengherankan karena biaya hidup di sana juga cukup tinggi.