Wisata Memetik Apel di Kota Batu Malang

Jika biasanya hanya bisa menikmati buah apel, kini Anda bisa menikmatinya langsung dari pohonnya. Ya...wisata memetik apel memang akan menjadi pengalaman yang sangat mengasikkan saat menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.



Bagi Anda yang tengah berlibur di Malang, tidak ada salahnya Anda mencoba wisata yang satu ini ini. Wisata memetik apel di Indonesia hanya ada di kota Batu Malang, jadi sangat disayangkan jika datang ke kota Batu tanpa mencoba sensasi wisata petik Apel-nya. Memang, kota Malang sangat terkenal dengan kota penghasil apel.

Daerah Kebun Apel Petani Rakyat yang biasanya menjadi referensi wisata petik apel antara lain adalah Desa Binangun, Banaran, Desa Cangar, Keliran, Gempol, dan Gunduh. Disana masyarakatnya sudah sadar wisata, serta memilliki pemandangan yang memukau sepanjang menuju perjalanan daerah kebun apel.

Selain memetik apel, kita juga akan mendapatkan pengetahuan baru, karena sambil memetik secara langsung, penjelasan dari pemandu tentang buah Apel pun akan menambah wawasan kita.

Wisata memetik apel, paling baik dilakukan pada bulan Desember, Januari, dan Februari.  Persedian buah Apel pada tiga bulan tersebut sangat berlimpah di kebun petani. Walaupun  pada dasarnya buah Apel selalu berbuah sepanjang musim (selalu ada), namun hanya pada tiga bulan tersebut buah apel sangat berlimpah.
Puas usai memetik apel, Anda juga bisa membawa pulang buah apel yang sudah kita petik. Tentunya dengan terlebih dahulu ditimbang dan kemudian diberi label harga sesuai dengan harga jual petani yang pastinya lebih murah dari pasaran.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika Anda akan melakukan wisata memetik apel. Pertama perlu diketahui apakah waktu yang dipili sudah tepat untuk melakukan kunjungan. Jangan sampai ketika sudah di perkebunan ternyata tidak ada Apel yang bisa dipetik.

Selanjutnya pastikan bahwa kebun apel yang anda kunjungi menyediakan tempat duduk untuk beristirahat. Jika tidak, sangat disarankan untuk membawa tikar/alas duduk sendiri. Pakailah baju lengan panjang dan topi untuk melindungi kulit terkena gesekan batang pohon apel yang lebat saat kita memetik maupun dari serangga yang ada di kebun.

Anda juga disarankan membawa air minum yang cukup banyak. Karena selain untuk minum, air juga bisa digunakan untuk mencuci bersih apel yang akan kita makan dari kotoran dan debu.  Pastikan waktu Anda termanfaatkan dengan baik disana, mengingat masih banyak agenda lain yang tak kalah menarik yaitu berkunjung ke industri rumah tangga pengolahan Apel. Anda dan keluarga bisa sambil belajar dan mencoba berbagai olahan apel seperti keripik, selai, jenang, dodol maupun sari apel.