Jelajah Toba, Hingga Samosir

 Mendengar Sumatera Utara tentu Akan tersematkan nama Danau Toba di pikiran Anda. Danau terluas di Asia Tenggara ini memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Danau Toba memang menjadi tujuan wisata menarik selain selain Bukit Lawang, Berastagi dan Nias. Sangat disayangkan jika sudah berkunjung  ke Sumatera Utara tidak mampir ke Danau Toba.

Danau vulkanik ini diperkirakan terbentuk saat ledakan supervolcano atau gunung berapi super yang terjadi sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Letusan raksasa ini diperkirakan memusnahkan manusia di dunia ini. Peninggalan letusan tersebut bisa dilihat berupa kaldera terbesar di dunia yang saat ini terisi air menjadi danau Toba. Sementara Pulau samosir merupakan bagian kaldera yang tidak terendam air, dan terletak di tengah-tengah danau Toba dan kini menjadi pusat dari kebudayaan Batak.

Danau ini meski populer namun tidak banyak dikunjungi para wisatawan. Sehingga bagi Anda yang menginginkan ketenangan dan ingin lari dari hiruk pikuk perkotaan, bisa menjadikan Danau Toba sebagai tujuan wisata.

Untuk bisa sampai kesana, Anda memerlukan waktu tempuh sekitar 5 jam perjalanan. Perjalanan bisa ditempuh dari Terminal Amplas, Medan, menuju Parapat dengan biaya relatif murah sekitar Rp. 22.000/orang menggunakan bus umum. Jika ingin menggunakan mobil sewaan, maka cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp. 450.000 sudah termasuk driver dan bahan bakar.

Kereta Api juga bisa menjadi alternatif lain untuk sampai ke Danau Toba. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah menuju sepanjang Pematang Siantar atau Tebing Tinggi. Dari sini anda bisa melanjutkan perjalanan ke Parapat dengan menggunakan Taxi.

Sesampainya di Parapat perjalanan bisa dilanjutkan dengan menaiki perahu / kapal ferry menuju pulau Samosir dengan tarif Rp. 7000 / Orang. Di pelabuhan ini Anda juga bisa menyewa kapal seharian jika bepergiaan bersama keluarga. Namun harganya cukup melangit untuk satu hari keliling Danau.

Perjalanan menuju Samosir, mata Anda akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan indah ciptaan Tuhan yang tiada duanya. Biasanya belum lengkap jika keliling Danau Toba tanpa menginjakan kaki ke Pulau Samosir. Ke Pulau Samosir memang membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan Kapal Ferry.

Sampainya di Samosir salah satu yang menjadi tujuan adalah Tuktuk Siodang di pulau Samosir. Tuktuk adalah salah satu tempat yang tepat untuk menikmati danau Toba. Di wilayah ini juga banyak terdapat hotel & penginapan yang dapat anda gunakan.

Anda juga dapat membeli berbagai macam souvenir khas Toba, namun harus menyiapkan persediaan dana yang cukup, mengingat harga souvenir di wilayah ini cukup mahal dan susah untuk ditawar.

Di Samosir, selain bisa menikmati keeksotisan Danau Toba, Anda juga bisa melihat objek wisata lain seperti melihat kuburan batu, Simando, Ambarita (meja batu tempat hukuman tradisional Batak) atau berenang di kolam air panas alam.