UMP PROVINSI KALIMANTAN BARAT 2014


UMP PROVINSI KALIMANTAN BARAT 2014 - Merantau ke Kalimantan Barat bisa menjadi pilihan bagi sebagian orang atau bahkan lulusan baru universitas untuk membangun karir. Pada umumnya, gaji seseorang ditetapkan berdasarkan tingkat pendidikan. Namun, ada kalanya masih ditetapkan berdasarkan pengalaman kerja seseorang. Salah satu contohnya, seorang sarjana baru yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali dan belum berkeluarga biasanya akan digaji sesuai dengan upah minimum provinsi tempat ia bekerja. Hal ini sudah merupakan hal yang umum dan cukup wajar. Bagaimana dengan upah minimum provinsi Kalimantan Barat?
Dari tahun ke tahun, upah minimum provinsi Kalimantan Barat terus meningkat. Di tahun 2012, UMP Kalimantan Barat adalah Rp. 900.000,- dan angka tersebut naik di tahun 2013 menjadi Rp. 1.060.000,-. Bagaimana dengan tahun 2014? Di tahun 2014, UMP Kalimantan Barat naik sebesar 30 persen, angka yang cukup fantastis. UMP yang awalnya "hanya" Rp. 1.060.000,- di tahun 2013 akan naik menjadi Rp. 1.380.000,- di tahun 2014. Angka tersebut memang cukup menggiurkan mengingat UMP di provinsi lain di Indonesia masih banyak yang di bawah angka tersebut. Berdasarkan Pasal 89 ayat (1) UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, upah minimum itu terdiri atas dua hal. Pertama, upah minimum yang berdasarkan wilayah provinsi, kabupaten, atau kota. Kedua, upah minimum berdasarkan sektor pada wilayah provinsi, kabupaten, atau kota. Untuk menentukan upah minimum sektoral, upah ditetapkan menurut kelompok lapangan usaha yang dijalanka beserta pembagiannya menurut klasifikasi lapangan usaha. Selain itu, beberapa provinsi di Indonesia upah minimum regionalnya tidak boleh lebih rendah daripada upah minimum regional lainnya.
Agar mendapat upah atau gaji di atas UMP, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah dengan memberikan performa kerja yang terbaik. Jika anda baru saja lulus dari universitas dan mendapat pekerjaan baru, anda perlu menunjukkan kualitas kerja anda dengan baik dan biarkan orang lain yang menilai. Dengan kualitas dan profesionalisme yang tinggi, maka upah atau gaji anda bisa dinegosiasikan untuk dinaikkan.