Pekanbaru Bangun Waduk Atasi Banjir di Tahun 2014


Sebagai upaya konkrit penanggulangan musibah banjir yang datang setiap musim penghujan di Kota Pekanbaru, Dinas Pekerjaan umum berencana akan membangun waduk di sekitar Terminal AKAP Pekanbaru. Hal ini sebagaimana telah disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Azmi kepada wartawan (28/10/2013). Azmi menjelaskan bahwa pembangunan waduk di wilayah terminal sudah sangat mendesak. Waduk ini akan digunakan untuk pembuangan air dari Jalan Subrantas dan Jalan SM Amin. Sebagaimana diketahui bahwa kawasan jalan tersebut terutama daerah Panam dan sekitarnya merupakan kawasan yang langganan mengalami banjir disetiap musim penghujan tiba.

"Pembangunan waduk di kawasan terminal sudah masuk master plan kita, dan sudah menjadi salah satu program yang akan kita prioritaskan untuk direalisasikan tahun depan (2014)." Ujar Azmi.

Azmi juga menjelaskan bahwa pihak Dinas Pekerjaan Umum telah mengajukan usulan pembebasan lahan waduk beserta pembangunannya kepada Tim Anggaran Panitia Daerah. Akan tetapi sampai saat ini belum ada kepastian apakan usulan tersebut akan diakomodir atau tidak.

"Kita akan terus menggiring supaya pembebasan lahan waduk tersebut akan bisa masuk dalam APBD tahun 2014 nanti." sambung Azmi.

Selain di kawasan Tampan yang memang menjadi salah satu lokasi rawan banjir di Pekanbaru, dalam Rencana Umum Tata Ruang Kota juga disebutkan titik lain yang juga akan direncanakan pembangunan waduk sebagai upaya penanggulangan musibah banjir adalah dua titik di daerah Rumbai. Sebagaimana diketahui bahwa Rumbai juga merupakan salah satu daerah langganan banjir yang cukup parah di Kota Pekanbaru. Pembangunan dari beberapa titik waduk yang akan dilaksanakan di beberapa titik di daerah Pekanbaru tersebut diharapkan menjadi salah satu solusi jangka pendek terhadap penanganan musibah banjir di Kota Pekanbaru yang terjadi setiap tahun. Sehingga orang-orang tak latah lagi menyebut banjir sebagai suatu musim, namun bisa membedakan bahwa banjir merupakan musibah yang harus segera ditangani oleh pihak-pihak yang berwenang. Tata ruang Kota Pekanbaru yang cantik akan semakin indah bila musibah banjir tak lagi datang layaknya musim setiap tahun.