Cina Di Hantam Banjir, 510 ribu Penduduk Mengungsi

Cina, driau.com -- Hujan deras yang memicu banjir terburuk dalam beberapa dekade terakhir di Cina menyebabkan sedikitnya 74 warga tewas dan ratusan ribu penduduk terpaksa mengungsi dari rumah mereka.

Seperti dilansir kantor berita Xinhua, Senin 19 Agustus 2013, Kementerian Urusan Sipil Cina melansir sebanyak 54 penduduk tewas di timur laut Cina. Sedangkan 20 korban tewas lainnya tewas di provinsi Guangdong. 

Sebanyak 7 warga dilaporkan hilang Guangdong, sementara 510 ribu penduduk mengungsi akibat hujan yang terus mengguyur wilayah mereka. Sebanyak 2.800 tentara diterjunkan untuk membantu upaya evakuasi korban dan distribusi bantuan kemanusiaan. 

Hujan deras dan banjir juga mengganggu transportasi publik sehingga membuat sekitar 80 ribu penumpang terdampar selama akhir pekan lalu.

Sejumlah jadwal kereta dari stasiun Guangzhou, lokasi transportasi terpenting di Guangdong, terpaksa ditutup akibat hujan deras dan tanah longsor. Namun situs stasiun Guangzhou melansir hari ini layanan kereta sudah berjalan dengan normal. 

Hujan deras ini memperburuk kondisi Guangdong yang baru saja dihantam Topan Utor pada pekan lalu. Sedikitnya 10 warga tewas akibat musibah tersebut. Selain Guangdong, provinsi di bagian timur laut yang juga terkena dampak banjir adalah Liaoning, Jilin dan Heilongjiang. (CNN)