Serah Terima Final Master Soal Tes CPNS 2013

Jakarta, Driau.com - Penyelenggaraan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru 2013 terus dikebut. Kemarin sepuluh konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) menyerahkan master soal tes CPNS kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Azwar Abubakar.

Tes CPNS tahun ini akan dibagi dua sistem, tes Computer Assisted Test (CAT) dan tes tertulis di lembar jawaban komputer (LJK). Jadwalnya pun berbeda, tes CAT mulai 29 September dan tes tulis LJK pada 3 November.

Penyerahan master soal kemarin juga diikuti oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Intelejen Negara (BIN), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Seluruh tim dari masing-masing lembaga itu masuk dalam Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Tes CPNS baru 2013.

Setelah menerima master soal tersebut, Azwar langsung menyerahkannya ke tim dari Puspendik. ‘’Supaya diverifikasi dan divalidasi untuk keakuratan dan kelayakannya,’’ ucap Azwar di kantornya, kemarin. 

Ia menyampaikan apresiasi kepada tim di Panselnas yang bekerja ekstra untuk perbaikan pelaksanaan tes CPNS. ‘’Khususnya kepada tim dari konsorsium PTN yang telah membantu Panselnas,’’ kata dia.

Azwar berpesan supaya seluruh tim di Panselnas menyiapkan seluruh perangkat pelaksanaan dan pedoman pelaksanaan tes CPNS sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Dia juga menuntut supaya masing-masing tim di Panselnas melaporkan setiap perkembangan tahapan persiapan tes CPNS.

Azwar berharap tes penerimaan CPNS tahun ini dapat menjadi pondasi pembentukan PNS yang profesional. ‘’Selain itu juga bisa menciptakan birokrasi Indonesia yang modern dan menuju birokrasi kelas dunia,’’ kata Azwar.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kemen PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, tes CPNS tahun ini dibagi dalam dua metode. Pertama dalah ujian dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Tes ini dilaksanakan mulai 29 September nanti. Saat ini sudah ada 19 Kementerian dan Lembaga yang mendaftar untuk difasilitasi pelaksanaan tes CPNS dengan sistem CAT. Namun Kemen PAN-RB sedang memvalidasinya.

Tes model berikutnya adalah dengan sistem lembar jawaban komputer (LJK) seperti pada umumnya. Tes CPNS model LJK ini dijalankan untuk pelamar umum maupun honorer kategori II. Tes CPNS model LJK ini dijadwalkan berjalan serentak pada 3 November 2013. Sekretaris Menteri PAN-RB Tasdik Kinanto menyerukan supaya calon pelamar CPNS tidak terpancing iming-iming calo. 

‘’Jangan terkecoh setiap ada iming-iming orang bisa meluluskan menjadi CPNS. Itu tidak benar,’’ tuturnya.

Dia berharap masyarakat melaporkan ke Kemen PAN-RB jika menemukan ada indikasi calo CPNS. Ia menyebut tes CPNS tahun ini dilakukan secara terbuka dan transparan. Sehingga potensi permainan calo tertutup rapat. Kandidat yang memenuhi standar kompetensi, otomatis diterima menjadi abdi negara.

Sebelumnya, Kemen PAN-RB telah mengumumkan formasi yang diperlukan setiap instansi akan diumumkan pada 23 Agustus mendatang. Sebagaimana diketahui, kuota kasar CPNS baru dari pelamar umum sekitar 60 ribu orang. Rinciannya adalah 40 ribu untuk instansi daerah dan sisanya 20 ribu untuk instansi pusat.  

Untuk Provinsi Riau, ada tujuh kabupaten/kota yang disetujui untuk melakukan rekrutmen CPNS baru melalui jalur pelamar umum yakni Kabupaten Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Kabupaten Siak dan Kota Pekanbaru. Adapun yang dipastikan ditolak adalah pengajuan Pemerintah Provinsi Riau yang mengusulkan 724 formasi.

Sementara lima daerah lainnya yakni Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Kota Dumai, Kampar dan Bengkalis belum disetujui. ***


foto:  driau