CPNS Kota Prioritaskan Guru Sekolah Dasar

Pekanbaru, driau.com -- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memastikan bakal membuka lowongan CPNS tahun 2013. Berdasarkan surat resmi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negera (Kemenpan) yang sudah diterima Sekretaris Kota (Sekko) Pekanbaru HM Syukri Harto, Pemko Pekanbaru hanya diperbolehkan membuka lowongan penerimaan CPNS hanya untuk guru SD.

Dalam surat Kemenpan tersebut, kuota CPNS tahun 2013 untuk guru SD hanya sebanyak 30 orang yang dapat diterima. ‘’Pemko Pekanbaru hanya bisa menerima 30 orang untuk jadi guru SD saja,’’ ujar Syukri Harto akhir pekan lalu. 

Sementara peserta CPNS untuk guru SD tersebut tetap melalui jalur umum. Sedangkan lowongan CPNS untuk di Satker atau di lingkungan Pemko Pekanbaru berdasarkan surat pemberitahuan dari Kemenpan tersebut tidak ada.

Artinya menurut Syukri Harto sudah jelas, berdasarkan surat Kemenpan tersebut Pemko Pekanbaru tidak boleh membuka lowongan CPNS untuk di lingkungan Pemko Pekanbaru. Padahal Pemko Pekanbaru sendiri sangat memerlukan banyak PNS untuk mengisi dilingkungan Pemko Pekanbaru.

Karena banyak PNS di lingkungan Pemko Pekanbaru yang memasuki masa pensiun di tahun 2013. Setidaknya berdasarkan data BKD Pekanbaru, PNS yang memasuki masa pensiun di tahun 2013 mencapai sekitar 300 pegawai.

‘’Sementara September nanti sudah ada pengumuman terkait CPNS tersebut, tentang pendaftaran dan keterangan persyaratannya,” ungkap dia. 

Ditambahkan dia, surat pemberitahuan kemenpan tersebut tidak hanya menjelasakan terkait CPNS untuk guru SD saja. Tetapi tentang pegawai K2 di lingkungan Pemko Pekanbaru. 

Bagi pegawai honorer yang lulus K2 dinyatakan dalam surat tersebut, bakal mengikuti tahapan tes CPNS. Jadi pegawai K2 yang telah lulus tahapan uji publik bakal mengikuti tes CPNS. Tetapi terkait jadwalnya tes belum jelas dan masih akan menunggu surat pemberitahuan dari Kemenpan kembali.


Juga tak dijelaskan berapa pegawai K2 yang bakal diterima menjadi PNS tahun 2013. Sementara berdasarkan data BKD setidaknya pegawai K2 di lingkungan Pemko Pekanbaru yang lulus uji publik mencapai lebih 900 pegawai. Jadi sambil menanti informasi terkait jadwal K2 tersebut, Pemko Pekanbaru akan melakukan penerimaan 30 CPNS tersebut.(rls)