Developer Lokal Siapkan Aplikasi Mendunia, Icon Pop Quiz

Driau.com -- Prestasi yang membanggakan datang dari dunia aplikasi gadget dan smartphone . Icon Pop Quiz, yakni aplikasi kuis buatan lokal yang bisa membuat anda terus memainkannya.

Permainan kuis sederhana ini telah berhasil menduduki peringkat atas klasemen "Top Free" di App Store banyak negara di dunia. Bahkan sempat menududki dan bertahan di posisi 1 pada negara-negara seperti Inggris, Australia, Kanada, Filipina dan Indonesia.

Aplikasi yang punya reputasi rating tinggi ini ternyata berasal dari developer Lokal (Ind). Tapi ternyata tidak . Alegrium, developer Icon Pop Quiz yang berlokasi di Jakarta. Aplikasi ini diluncurkan pada 15 November 2012 . Aplikasi permainan ini dapat diunduh dengan gratis oleh pengguna perangkat mobile dari Apple yang bersistem operasi iOS (iPhone, iPad, dan iPod Touch) melalui App Store, begitu juga dengan pengguna perangkat mobile Android melalui Google Play

Dalam waktu satu bulan setelah rilis, Icon Pop Quiz telah dimainkan oleh 1,2 juta pengguna iOS di berbagai belahan dunia, di mana 25 ribu di antaranya adalah pemain dari Indonesia.


Jangan samakan Icon Pop Quiz dengan aplikasi kuis lainnya . Aplikasi ini mempunyai banyak perbedaan dan kelebihan di bandingkan dengan aplikasi kuis lainnya . Dari segi menu dan tampilan , Icon Pop Quiz sangat mudah untuk di mainkan. 

Selain itu alikasi ini sangat full colour dengan warna-warna yang nyentrik pembangkit semangat bermain . 


Yang paling menarik perhatian tentunya adalah icon-icon yang menjadi inti utama permainan di Icon Pop Quiz. Icon-iconnya sangatlah well designed. Icon tersebut juga menonjolkan sesuatu yang ada hubungannya dengan kuis yang harus di tebak. 

Seperti icon PSY yang berkacatamata dengan dasi kupu-kupu . Seluruh icon dibuat sendiri oleh Alegrium, dan disebutkan saat ini Icon Pop Quiz memiliki lebih dari 600 icon untuk ditebak oleh pemain. 

Secara keseluruhan, game desain yang minimalis sangatlah menarik. Tentu saja bukan pekerjaan mudah bagi pengembang aplikasi ini.

Setiap kategori Icon mempunyai level - level di dalamnya yang harus kita selesaikan satu-persatu agar level selanjutnya terbuka .  Apabila mentok, kita dapat menggunakan poin yang kita miliki untuk membeli bantuan seperti: Ask your friends, Hint, Eliminate keys dan lainnya. Menggunakan bantuan tentunya membutuhkan token yang bisa anda dapatkan dari menyelesaikan penawaran-penawaran seperti merewiew aplikasi. 

Namun kelemahan dari aplikasi kuis pada umumnya adalah adanya bocoran jawaban lengkap setiap icon yang bisa anda dapatkan dari google atau youtube . Alhasil setiap kategori bisa di selesaikan dengan sangat sangat mudah dan tentunya tidak ada gregetnya.

Di Icon Pop Quiz ada beberapa kategori yang bisa anda selesaikan , seperti :
1. Season Box
2. Tokoh terkenal
3. Judul film dan serial tv
4. Karakter fiksi 

Di atas hanya beberapa kategori saja yang ada di dalam smartphone saya. Mungkin saja saat ini sudah ada kategori yang di tambahkan.

Penyanyi rap asal Korea Selatan , PSY, pun pernah menggunakan Icon dirinya dalam aplikasi Icon Pop Quiz untuk dijadikan sebagai avatar Twitter karena menyukai gambar tersebut dengan rambut bergaya jambul, kacamata bulat, dan dasi kupu-kupu. ***