Penipuan Ala Blackberry, Waspada !

Jakarta,Driau.com - Salah satu modus penipuan yang mengatasnamakan RIM Blackberry Indonesia yaitu melalui pesan singkat blackberry atau yang lebih dikenal dengan blackberry messenger (BBM). Mulanya pelaku penipuan mengundang pin blackberry korban dengan tampilan nama RIM Blackberry Indonesia.

Setelah korban menyetujui pengundangan pin Blackberry tersebut, pelaku menyebarkan undian palsu yang berhadiah sebuah mobil Honda Jazz.

Bahkan demi meyakinkan korbannya, dalam undian tersebut, dicantumkan izin dari beberapa instansi pemerintah yaitu Polda Metro Jaya, Pemkot DKI Jakarta, Depsos RI dan Dirjen Pajak RI. 

Undian tersebut juga mencantumkan alamat resmi RIM Indonesia yang berada di CEO Suite Jakarta, lantai 15, One Pacific Place, Jakarta beserta 2 nomor customer service RIM. Di dalam undian tersebut, pihak pemenang diharapkan membayar biaya jaminan mutasi balik nama STNK/BPKB kendaraan sebesar Ro 3,75 juta.

Ketika wartawan mengkonfirmasikan mengenai cara pelaku mengundang korban melalui pin blackberry kepada RIM, Manager Public Relations Research in Motion (RIM) Indonesia, Yolanda Nainggolan mengatakan ada dua cara untuk mengundang pin blackberry.

Pertama, pelaku bisa mengundang pin blackberry secara acak dari kombinasi antara huruf dan angka, hal ini seperti modus penipuan melalui pesan singkat biasa. "Atau bisa mengundang pin blackberry berdasarkan surel, walaupun pelaku tidak mengetahui pin Blackberry korban," kata Yolanda pada 2 Agustus 2013.

Alamat surel yang digunakan untuk mengundang pin Blackberry, bisa dengan menggunakan alamat surel dari Blackberry ataupun alamat surel lain. "Alamat surel yang terakses waktu pertama kali membuat Blackberry ID," kata Yolanda.


Yolanda menjelaskan sebelumnya ada beberapa modus undian penipuan yang mengatasnamakan RIM Blackberry Indonesia. "Selain dengan BBM, ada dengan pesan broadcast, pesan singkat maupun surel" kata Yolanda ***rls

foto : net