Kedelai Untuk Tubuh Ideal

Banyak cara untuk mendapatkan tubuh sehat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan bermutu dan kaya gizi. Kedelai yang ngetop dengan julukan The King of Beans, adalah salah satu jenis bahan pangan yang ideal. Kandungan protein, asam amino, serat, vitamin, dan mineral di dalamnya ampuh membantu Anda memelihara kebugaran tubuh.


Menjaga berat badan ideal

Kedelai merupakan jenis makanan dengan nilai indeks glikemik (GI) rendah, sehingga mampu membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Kandungan serat di dalam kedelai juga dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, porsi makan berikutnya bisa ditekan agar tidak berlebihan, sehingga berat badan ideal tetap terpelihara.


Stabilkan Kadar Kolesterol

Kandungan “dynamite duo” di dalam kedelai ampuh menstabilkan kadar kolesterol di dalam darah. Yang pertama, lesitin, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Yang kedua, isoflavon, berfungsi sebagai antioksidan serta mampu meningkatkan level kolesterol baik (HDL) yang berguna bagi kesehatan jantung.


Cegah Osteoarthritis
Berdasarkan studi, kandungan vitamin E di dalam kedelai dapat membantu meredakan dan mencegah penyakit osteoarthritis. Osteoarthritis adalah suatu kondisi dimana persendian terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul akibat adanya gesekan pada ujung-ujung tulang penyusun sendi. Bukan hanya itu, vitamin E juga baik untuk membantu meredakan nyeri rematik dan meningkatkan mobilitas sendi.


Penangkal Kanker
Kedelai merupakan bahan pangan yang kaya kandungan zat antioksidan (selenium, vitamin E, isoflavon, serta genistein). Kandungan zat yang bersifat antioksidan ini mampu menangkal serangan radikal bebas yang bisa memicu munculnya sel-sel kanker.


Atasi Gejala Menopause
Kandungan isoflavon serta vitamin E dalam susu kedelai mampu membantu meringankan keluhan yang dialami wanita menopause seperti rasa panas (hot flushes), insomnia, sembelit, serta produksi keringat berlebihan.


Mencegah Migren
Serangan migren amat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi kedelai. Kedelai kaya akan kandungan vitamin B kompleks, mineral (terutama kalium), dan asam amino (terutama lisin), yang mampu membantu mencegah serta meredakan migrain.


Atasi Intoleransi Laktosa
Susu kedelai merupakan pengganti susu sapi yang baik bagi para penderita alergi maupun intoleransi laktosa. Sistem pencernaan penderita intoleransi laktosa tidak mampu mencerna dan menyerap laktosa (karbohidrat di dalam susu hewan) dengan baik akibat kurangnya produksi enzim laktase di dalam tubuh. Karena itu, konsumsi susu kedelai merupakan solusi terbaik agar tubuh tetap mendapatkan asupan zat-zat gizi penting, yang biasanya diperoleh dari susu sapi. (*)

*berbagai sumber