Telkom Akan Bundling LG, Target 100 Ribu Pengguna Smartphone

Driau.com - Penetrasi broadband Internet di Indonesia masih tergolong rendah. Dari pertumbuhan 25 persen Internet, Direktur Konsumer PT Telkom Tbk, Sukardi Silalahi, Rabu 31 Juli 2013, mengatakan, true broadband dengan kecepatan akses minimal 2 MB baru mencapai 1,1 persen.

"Karena harga Internet masih cukup tinggi di kalangan masyarakat bawah. Makanya, kami coba kembangkan dari sisi produk dan harga," ujar Sukardi di kantornya, Jakarta. 

Untuk mendorong pertumbuhan itu, Telkom menyodorkan program bundling paket Internet berbasis Wi-Fi Speedy Instan yang dibundel dengan ponsel pintar Android LG Optimus L3 seharga Rp800 ribuan atau ponsel fitur LG T375 seharga Rp 600 ribuan.

LG Optimus L3 merupakan ponsel pintar Android layar sentuh 3,2 inci, kamera 3,2 MP dengan baterai 1500 mAh. Sementara itu, LG T375 merupakan ponsel fitur dengan dukungan jaringan GSM/EDGE, kamera 2 MP, dan fitur Wi-Fi.

Sukardi mengatakan, pengguna yang menggunakan bundling ini akan mendapatkan akses Internet melalui Wi-Fi di lebih dari 50 ribu titik di seluruh Indonesia. Jumlah itu akan terus bertambah seiring target Telkom yang akan memasang satu juta saluran Wi-Fi pada 2015.

"Jadi, kalau merujuk pada true broadband, bukan hanya bisa browsing saja. Tapi, juga download," ujarnya.

Pengguna dapat memanfaatkan akses Wifi.id maupun akses Speedy Instan di mana pun titik di seluruh Indonesia. Asyiknya lagi, pengguna bisa menikmati gratis Internet selama tujuh hari pertama.

40 Mbps

Untuk akses Internet true broadband, Telkom mematok harga terjangkau, yaitu Rp5 ribu per hari. Disebutkan akses Speedy Instan ini bisa mencapai 40 Mbps, jika pengguna akses secara mandiri, bahkan jika akses bersamaan kecepatan pun masih lumayan, 20 Mbps.

Sementara itu, untuk produk Speedy rumahan memanfaatkan fixed broadband dengan banderol Rp150 ribu per bulan. "Pelanggan true broadband kami ada 4-5 juta. Dari situ, pelanggan Speedy Instan ada 2,8 juta," paparnya.

Dengan paket bundling ini, Telkom mematok pelanggan Speedy Instan menjadi 20 juta hingga 2015.


"Kami menargetkan tambahan 100 ribu pelanggan per bulan hingga akhir tahun ini," tuturnya. (rls)

foto : Net